Wednesday, July 8, 2009

Tips Menghadapi Gempa Bumi

Bencana alam apapun jenisnya adalah kejadian yang tak diinginkan oleh seluruh masyarakat di dunia tak terkecuali kelompok tertentu yang mendapat pelatihan untuk menanggulangi bencana tersebut. Kita tentu tak berharap terjadi bencana alam tapi tak ada salahnya bila kita mempersiapkan untuk kejadian yang paling terburuk, ingat pepatah lama “persiapkan payung sebelum hujan”.
Berikut beberapa tips untuk yang harus dilakukan bila terjadi bencana alam berupa gempa bumi, semoga banyak membantu.

1. Saat gempa bumi terjadi, bila anda berada di dalam ruangan segera keluar kemudian mencari tanah lapang untuk menghindari kejatuhan sesuatu. Namun, bila anda tidak mampu untuk keluar ruangan, segera mencari perlindungan yang ada di dalam ruangan tersebut (bisa dibawah meja atau kolong tempat tidur).
2. Saat gempa bumi sedang terjadi, bila anda sedang mengendarai kendaraan baik roda dua atau lebih. Jangan melakukan penggereman mendadak, selain dapat terjadi selip pada ban kendaraan juga dapat menganggu konsentrasi pengendara di belakang anda. Sebaiknya yang anda lakukan adalah menepi dengan pelan-pelan dan berhenti sejenak. Ingat, jangan menepi dibawah pohon besar atau bangunan yang diperkirakan dapat runtuh.
3. Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan pasca gempa bumi (1 jam – 2 hari). Perlengkapan ini usahakan selalu ready di rumah walaupun tidak ada peringatan gempa bumi, persiapan selalu menghasilkan hasil yang baik.
a. Senter dan batu cadangan, asumsikan penggunaan selama 2 – 3 hari.
b. Air minum, satu orang dewasa minimal membutuhkan 1 liter/hari. Asumsikan kebutuhan air anda selama 3 hari (1 hari gempa bumi, 2 hari proses evakuasi). Jadi yang dibutuhkan minimal 3 liter, lebih banyak lebih baik.
c. P3K, terutama obat luka luar dan obat penghilang rasa sakit.
d. Bahan makanan, carilah bahan makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa 1 tahun lebih sehingga anda tidak perlu mengganti setiap bulan sekali bila tidak terjadi gempa bumi.
e. Helm, disarankan menggunakan helm untuk kegiatan alam bebas seperti helm rock climbing tapi bila tidak ada dapat menggunakan helm motor biasa.
f. Siapkan uang tunai secukupnya.
g. Buku tabungan anda.
h. Pakaian, celana panjang, kaos maupun pakaian dalam.

Packing perlengkapan diatas dalam satu tas dan diletakkan di sudut ruangan yang sewaktu-waktu dapat dijangkau dengan mudah bila terjadi gempa bumi. Perlengkapan diatas adalah jenis personal, jadi bila anda berkeluarga persiapkan jumlah perlengkapan sesuai dengan jumlah anggota keluarga anda.

4. Saat gempa bumi telah reda, segeralah kembali kedalam ruangan untuk mengambil perlengkapan yang telah anda siapkan dan berkoordinasi dengan keluarga (bila anda berkeluarga). Setelah itu segeralah menuju ke daerah yang lebih tinggi, karena ditakukan setelah gempa bumi adanya bencana susulan yaitu tsunami.

Empat langkah diatas merupakan tindakan preventif saat terjadinya bencana alam berupa gempa bumi, mengingat terbatasnya blog ini maka langkah-langkah tersebut tak sepenuhnya lengkap namun efektif. Bila ada pertanyaan silakan dilayangkan ke...kami tak segan untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

1 comment:

  1. Silahkan dilihat, dibaca, dirasakan dan dikomentarin...


    Tinggalkan pesan anda untuk kami.

    ReplyDelete

Jangan malu-malu tinggalkan pesan anda:

contact us

HUBUNGI KAMI

Alamat kami di:
Jl. Sedayu Sawo Raya no 19 Bangetayu Timur, Semarang
(024) 70032247

Email:
diponegoroadventure@gmail.com

Diponegoro Adventure