Wednesday, December 9, 2009

Versi Survival

Artikel kali ini mencoba menerangkan beberapa versi survival.
Ada 3 macam versi survival, namun dari 3 macam ini tetap menuju pada satu hal yaitu keahlian bertahan hidup (survival)

VERSI MILITER

Lebih dikenal dengan sebutan SERE atau Survival, Evasion, Resistance dan Escape. Versi ini biasanya digunakan oleh pasukan khusus atau pasukan komando. Versi ini lebih dari sekedar bertahan hidup di alam, coba saja artikan makna dari SERE, Survival = Bertahan hidup, Evasion = pergelakan, Resistance = bertahan, Escape = melarikan diri. Selain harus bisa mengatasi keadaan alam, pelaku survival militer juga harus mampu mengatasi intimidasi dan interograsi, bahkan harus mahir untuk melarikan diri.
 Secara khusus SERE atau Combat Survival memiliki makna kemampuan bertahan hidup dalam keadaan sukar daerah musuh dan mampu kembali kedaerah sendiri tanpa ada pertolongan dari pihak musuh.

VERSI PETUGAS KHUSUS

Versi ini berlaku untuk petugas transportasi komersial atau petugas hutan. Pilot pesawat komersial maupun
awak kapal komersial adalah petugas yang harus memiliki kemampuan versi ini. Salah satu ciri survival ini adalah tanggung jawab terhadap orang lain. Sehingga orang yang memiliki kemampuan versi ini bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan penumpang. Mereka harus menyelamatkan penumpang sebanyak mungkin dan harus rela mengorbankan nyawanya.
Contoh heroik adalah nakhoda kapal Tampomas, Abdul Rifai yang akhirnya tewas setelah menyelamatkan penumpang yang dipimpinnya.

VERSI AVONTURIR

Inilah survival yang paling banyak diketahui dan paling banyak digunakan. Para pencinta alam, pendaki gunung, penempuh rimba maupun pemburu adalah orang  yang paling mengusasai kemampuan survival versi ini. Pada versi ini ada aturan tak tertulis yang paling mendasar yaitu minimalisir kerusakan alam saat memberi tanda jejak atau tanda rescue.
Oleh karena itu mereka yang menggunakan versi dalam keadaan terdesak pun harus berpikir untuk tidak terlalu merusak alam.
Versi ini sudah banyak dijarkan di sekolah-sekolah bertahan hidup.

No comments:

Post a Comment

Jangan malu-malu tinggalkan pesan anda:

contact us

HUBUNGI KAMI

Alamat kami di:
Jl. Sedayu Sawo Raya no 19 Bangetayu Timur, Semarang
(024) 70032247

Email:
diponegoroadventure@gmail.com

Diponegoro Adventure