Friday, January 29, 2010

(tak) ADA PEKERJAAN TAK BERISIKO

Mungkinkah ada pekerjaan  tak berisiko sehingga tidak diperlukan persiapan yang matang untuk suatu pengambilan keputusan?
Ini satu pertanyaan dari banyak pertanyaan yang ada pada OMT atau lebih dikenal dengan Outbound Management Training. Diponegoro Adventure (Dadv) biasa memberi pertanyaan ini kepada para peserta OMT setelah sesi permainan High Risk.

Pada dasarnya hidup itu sendiri merupakan suatu resiko, kita tak mampu mengetahui apa yang terjadi di masa depan walaupun itu hanya 1 menit akan datang. Hal ini pun berlaku pada semua jenis pekerjaan dan semua jenjang level, tidak terbatas pada pekerjaan di level manajemen. Ini menunjukan semua pekerjaan berisiko mengalami kegagalan entah apapun yang dimaksud dengan kegagalan. Kegagalan suatau pekerjaan tentu saja berbeda satu pekerjaan dari yang satu dengan satu lainnya sebagai contoh seorang admin pada perbankan bisa mengalami kegagalan dalam penyusunan data sehingga ia mendapat sebuah hukuman dari atasanya, lain kisah seorang pengusaha muda (wirausaha) harus kehilangan waktu, tenaga, dan uangnya dan ini kegagalan yang terdefinisi dengan jelas, ada juga kegagalan yang diterima seorang pengangguran yaitu saat ia memilih  tidur-tiduran dirumah dan meratapi nasib daripada berusaha mencari kerja.

 Tiga perwakilan contoh diatas bisa menggambarkan bila semua pekerjaan atau kehidupan itu penuh dengan resiko. Resiko menjadikan suatu pengambilan keputusan dalam pekerjaan menjadi hal kritis dan perlu dipersiapkan matang-matang.

Lalu dengan resiko yang menghadang apakah membuat kita menyerah pada keadaan, mengutip pepatah lama "Dengan persiapan tak perlu ada air mata"  yang berarti dengan persiapan apapun hasil yang diperoleh tidak terlalu menyakitkan

(tak) Ada Pekerjaan Tak Berisiko dan hidup pun berisiko, pengambilan keputusan pun penuh resiko namun dengan persiapan tak perlu ada yang dikhawatirkan.

1 comment:

  1. semua pekerjaan atau suatu kegiatan selalu mengandung resiko ....
    bahkan ketika duduk manis di rumah atau tidurpun tidak lepas dari resiko .... seperti tiba2 ada tikus atau kecoak jatuh menimpa kepala ...

    ReplyDelete

Jangan malu-malu tinggalkan pesan anda:

contact us

HUBUNGI KAMI

Alamat kami di:
Jl. Sedayu Sawo Raya no 19 Bangetayu Timur, Semarang
(024) 70032247

Email:
diponegoroadventure@gmail.com

Diponegoro Adventure