Monday, January 26, 2009

Keadaan Darurat Kapal Tenggelam

Banyaknya kejadian kecelakaan laut di Indonesia, tentu membuat miris siapapun. Entah rakyat biasa bahkan Presiden RI menyayangkan kejadian tersebut. Musibah karena faktor alam maupun kesalahan manusia tentu bila kita mau berusaha tentu bisa dihindarkan. Walaupun tidak, itupun karena garisan nasib tapi tetap saja kita dituntut oleh Allah SWT untuk tetap berusaha.
Mengikuti prosedur pelayaran merupakan pilihan yang bijak untuk kita semua, karena sejatinya aturan dibuat untuk melindungi kenyamanan seseorang, namun bagaimana bila semua prosedur telah dilaksanakan dan kita tetap terjebak dalam keadaan darurat? Hal ini membuat penulis berusaha meracik tips yang semoga dapat membantu Anda dalam keadaan darurat di suatu musibah kapal laut.

TIPS

Jangan panik. Bila kapten ataupun awak kapal mengumumkan keadaan darurat, tetap kontrol emosi dan tindakan Anda. Tenang, dengarkan dan ikutin instruksi keselamatan dari kapten atau awak kapal.

Ingat tempat keselamatan di kapal
. Seperti tempat penyimpanan life jacket dan rescue boat. Segera setelah diumumkan keadaan darurat menuju ketempat penyimpanan tersebut. Kenakan life jacket dan bergegas ke rescue boat. Bila tidak ada satupun awak kapal yang membantu menurunkan rescue boat. Anda bisa melakukannya sendiri, ikutin saja instruksi yang tertera pada tabung rescue boat.

Segera tinggalkan kapal. Setelah rescue boat berada dipermukaan air, terjunlah ke laut dan kemudian menuju ke rescue boat. Bila Anda masih memiliki kekuatan, bantulah semampunya orang di sekeliling Anda.

Menjauh dari kapal. Anda sudah berada di rescue boat, tugas Anda selanjutnya adalah menjauhkan boat dari kapal yang tenggelam tersebut. Karena kapal dalam keadaan tenggelam akan menimbulkan pusaran yang mampu menghisap rescue boat Anda.

Berdoalah. Apapun usaha kita, kita hanya mampu berusaha karena Allahlah yang memutuskan yang terbaik untuk kita.

No comments:

Post a Comment

Jangan malu-malu tinggalkan pesan anda:

contact us

HUBUNGI KAMI

Alamat kami di:
Jl. Sedayu Sawo Raya no 19 Bangetayu Timur, Semarang
(024) 70032247

Email:
diponegoroadventure@gmail.com

Diponegoro Adventure